Pemulihan Segala Sesuatu: The Restoration of All Things

By Bumbunan Sitorus

 

Jika awalnya baik  akhirnya pastilah sempurna...If the beginning is good  the end must be perfect....

Jawab Yesus: Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu....Jesus answered and said unto them, Elijah  truly shall first come and restore all things.

Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya  yang kudus di zaman dahulu....Whom the heaven must receive until the times of restitution of all things, which God hath spoken by the mouth of all His holy prophets  since the world began

Kita tidak akan berhenti bertualang Dan diakhir perjalanan kita Kita akan tiba ditempat kita mulai Dan mengenal tempat itu untuk pertama kali. --TS Eliot.... We shall not cease from exploration And the end of our exploring will be to arrive where we started and know the place for the first time. --TS Eliot

Alkitab yang terdiri dari kitab Perjanjian Lama dan kitab Perjanjian Baru pada dasarnya adalah kumpulan buku, kisah, cerita atau sejarah tentang pemulihan,pengembalian, restorasi atau restitusi. 

Sebab  segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya.

Inilah yang disebut hukum sirkulasi atau hukum lingkaran yang kita dapati juga di alam, seperti air laut  dipanasi sinar matahari menjadi uap, kemudian uap menjadi awan dan setelah cukup beratnya awan turun menjadi hujan dan mengalir melalui sungai kembali kelautan.

Sebelum kejatuhan manusia di Taman Eden, Tuhan yang Maha Tahu (ALL KNOWING = OMNISCIENCE) telah merencanakan untuk memulihkan hubungan manusia dengan diriNya. Proses yang dipilih untuk membawa pemulihan atau kembalinya manusia kepada Tuhan adalah melalui Penebusan (Redemption, Atonement). Sehingga penebusan mengambil tempat yang sangat menonjol dari kitab Kejadian sampai Wahyu.

Anak Domba yang disembelih dari dasar dunia.  Anak Domba Allah yang disembelih sebelum dunia dijadikan. …. the lamb slain from the foundation of the world.--KJV …the lamb that was slain from the creation of the world.--NIV

Kemudian Yohanes Pembabtis memproklamirkan:Lihat Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Rasul Yohanes juga memproklamirkan dalam suratnya: Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan dosa kita saja tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Rasul Paulus menggemakan kebenaran yang sama dalam suratnya ke jemaat di Korintus dan Kolose " Sebab Tuhan mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

Karena seluruh kepenuhan Tuhan berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

 Dan kami telah melihat dan bersaksi bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

Dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia."

Cara, alat, instrumen atau sarana Tuhan melaksanakan pemulihan adalah melalui Wahyu atau penyingkapan (Revelation). Demikianlah Pewahyuan, Penebusan dan Pemulihan sudah semakin maju dalam sejarah. Ketiganya secara berangsur terbuka sebagaimana Wahyu menginterpretasikan penebusan kepada manusia dan penebusan berjalan menghasilkan pemulihan antara manusia dengan Tuhan.

Hukum Musa sendiri tidak dapat mencapai pemulihan bagi manusia yang jatuh. Semua usaha manusia adalah sia-sia untuk mencapai pemulihan, semuanya adalah usaha menjaring angin. Namun melalui Kristus, pemulihan dapat direalisir secara bertahap melalui buah sulung yaitu para pemenang yang adalah gereja,atau ekklesiaNya yang telah dewasa tanpa cacat dan cela. Dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga,dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna, dan kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru dan kepada darah pemercikan, yang berbicara lebih kuat dari pada darah Habel.

Atas kehendaknya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaan.

Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya. Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama (Pertama, Buah Sulung, First fruit, Firstly, Especially) mereka yang percaya. Beritakan dan ajarkanlah semua itu. 

Gereja adalah alat atau sarana Tuhan untuk memulih kansegala sesuatu. Tetapi gereja juga gagal dan masuk zaman kegelapan selama duaribu tahun ini. Gereja sendiri memerlukan pemulihan. Pada akhir zaman ini Tuhan sedang memulihkan gereja yang adalah ekklesia Nya yaitu orang-orang yang dipanggil keluar untuk suatu tujuan,  supaya ia dapat mencapai pemulihan yang terakhir yaitu pemulihan segala sesuatu, pemulihan semua orang atau seluruh manusia.

ARTI KATA PEMULIHAN

Arti dari kata "Pemulihan"; Restorasi; Restitusi:

1.   Kata Ibrani dalam Perjanjian Lama bagi "Pemulihan" Adalah "Shalam" Yang berarti mengembalikan sesuatu yang tercuri atau yang dipinjam, arti lain adalah membentuk kembali.[Yoel 2:25]

Kata "pemulihan" dalam bahasa Ibrani dalam Perjanjian Lama, Shalam adalah sama dengan kata di Kidung Agung untuk gadis Sulam [Kidung Agung 6:13] dan juga dari perkataan ini nama Salomo diambil. Nama Salomoadalah bentuk jantan dan gadis Sulam adalah bentuk feminim.

Salomo[Ibr."Shelomah",jantan]. Gadis Sulam[Ibr."Shulamith",feminin]. (2) Sebagai pengantin lelaki dan wanita, Salomo dan gadis Sulam keduanya mempunyai nama yang sama, hubungan ini melambangkan Kristus sebagai pengantin lelaki dan gereja sebagai pengantin wanita. Dia yang "memuliakan"dan "me mulihkan" mempelainya yang adalah gereja Nya.

2.    Kata Gerika dalam Perjanjian Baru bagi "Pemulihan" ialah apokathistemai, yang berarti membentuk sesuatu kembali kepada bentuk semula, bentuk awal, permulaan atau asal. Penting sekali bagi kita untuk memahami arti kata "Pemulihan". Kata Yunani APOKATASTASIS TIDAK TERDAPAT DIMANAPUN DI DALAM PERJANJIAN BARU SELAIN DI DALAM Kisah Para Rasul  3:21, Tetapi kata kerja yang termasuk dalam rumpun yang sama terdapat di dalam delapan ayat lainnya, dan setiap kali diterjemahkan menjadi "memulihkan" (restore).

Dr. Young, dalam Analytical Concordance karangannya, memberikan arti paling jelas, dan ia hanya memberikan satu arti sederhana: Pembentukan kembali (RECONSTITUTION). Kata ini sangat menarik. New Webster's Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai berikut: Membentuk baru, seperti air susu yang dihasilkan dari susu bubuk kering; membangun kembali.

Kita mengerti bahwa tidak ada sesuatu apapun yang dapat dibentuk kembali selain dari sesuatu yang telah diambil, dipisahkan atau dipecah. Tidak ada suatu apapun yang dapat dibentuk kembali, selain sesuatu yang telah kehilangan sebagian unsurnya. Biasanya apabila kita meminta resep atau menu dari seorang koki terkenal, mungkin ia akan memberikannya kepada kita, tetapi mungkin sudah dikurangi satu bahan penting.

Karena tidak adanya bahan itu, hidangan saudara tidak akan pernah selezat hidangan koki itu. Dibanyak toko orang dapat membeli bubuk atau tepung sari jeruk. Untuk membuat bubuk atau tepung sari jeruk, airnya dibuang sehingga yang tertinggal adalah intisari yang dibekukan. Intisari adalah jeruk murni dikurangi satu bahan penting yaitu: air! Kita bisa menambahkan air kembali, dan saudara sudah memperoleh orange juice yang dibuat kembali. Suatu perusahaan dapat mengeluarkan airnya, kemudian menaruhnya kembali, dan menyebutnya " orange juice yang dibentuk kembali", serta menjualnya dalam botol atau galon dengan harga yang lebih tinggi sebagai imbalan atas jasanya!

DEFINISI & KONSEP PEMULIHAN

Pemulihan dapat didefenisikan sebagai berikut:

1.  Pemulihan adalah pengembalian keposisi semula dengan memperbaharui atau mengembalikan sesuatu yang sudah diambil atau hilang.

2.  Pemulihan berarti pembentukan kembali dan pembentukan kembali segala sesuatu berbicara tentang pembentukan kembali segala sesuatu kembali kedalam kesatuan, keselarasan dan keutuhan yang dimiliki di dalam Tuhan pada awal mulanya sewaktu segala sesuatu diciptakan di dalam Kristus Yesus.

C. APA YANG DIPULIHKAN?

Segala sesuatu. Segala sesuatu yang  terhilang atau tercuri. Pemulihan berarti penyusunan kembali. Elia akan datang untuk memulihkan segala sesuatu. Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu (SINCE THE WORLD BEGAN = SEJAK DUNIA DIJADIKAN). KPR 3:21. Kata di zaman dahulu tepatnya sejak zaman/waktu/dunia dimulai atau sejak zaman/waktu/dunia dijadikan. 

Kita cenderung berpikir secara alami dalam alam jasmani. Tetapi segala sesuatu yang pernah terjadi dalam alam materi atau alam jasmani ini datang dari sesuatu dalam alam surgawi, alam roh atau alam ilahi. Segala sesuatu berasal dari Allah. Segalanya memiliki sumber di dalam Dia, dan segalanya dari dalam diriNya. Sebab segala sesuatu dari Dia oleh Dia dan kembali kepada Dia. Kita sedang berbicara tentang pemulihan, bukan dari apa yang hilang dari Adam, tetapi pemulihan apa yang hilang dari Tuhan: Karena anak manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang… The son of man come to seek and to save that which is lost. Lukas 19:10.

"Yang"(that) dalam teks Yunani berarti "sesuatu" (the thing). Kristus datang untuk menyelamatkan, bukan hanya dia yang hilang, tetapi sesuatu yang hilang. Inilah pemulihan yang sebenarnya dibicarakan oleh mulut SEMUA nabi-nabi sejak zaman atau waktu dimulai. Pemulihan jauh melampaui apapun yang mungkin hilang dari diri Adam di taman Eden, tetapi tiba pada kehilangan yang dialami Allah sewaktu segala sesuatu diturunkan dari dalam diriNya. Harus ada pemulihan segalanya kedalam Dia, penyembuhan segala pemisahan, perpecahan dan ketidak seimbangan, disertai dengan perbaikan kehilangan yang dialami masing-masing bagian.

Dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di surga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus. Kolose 1:20.

Ungkapan sesuatu di surga (things in heaven) menunjuk pada suatu tahap berikutnya. Lingkup pendamaian bukan hanya manusia - bukan hanya mahluk ciptaan disurga diatasnya - tetapi yang berasal dari Keberadaan Allah.

PRINSIP PEMULIHAN ALKITABIAH

Dalam zaman Perjanjian Lama, Israel  mempunyai beberapa hukum mengenai pemulihan barang-barang yang sudah hilang atau dicuri. Pelakunya harus mengganti segala sesuatu yang dihilangkan dari orang lain. Dalam pemulihan hal jasmani, yang melalukan wajib mengganti rugi, tetapi dalam pemulihan hal-hal rohani, Tuhan yang dirugikan, adalah Sang Pemulih. Jika mempelajari hukum Ibrani mengenai pemulihan, kita melihat prinsip Ilahi yang tanpa batas waktu dan juga berlaku pada masa kini. Dua prinsip yang sangat menonjol dapat terlihat dalam hukum Ibrani tentang pemulihan:

1. Pemulihan harus diadakan atas segala kerugian yang terjadi pada yang lain. Prinsip ini adalah dasar dari semua hukum hukum Ibrani mengenai pemulihan, itu juga diilustrasikan dalam tahun Yobel. Setiap limapuluh tahun adalah tahun Yobel. Pada tahun ini semua tanah harus dikembalikan, semua hutang harus di hapuskan, semua budak dibebaskan dan seluruh keluarga di kumpulkan kembali (Imamat 25:8-14) Itu adalah waktu yang penuh pemulihan bagi setiap orang.

2. Pemulihan ini harus dibuat di dalam ukuran yang lebih besar, hakekat yang lebih atau kualitas yang lebih baik dari pada semula, yang awal atau yang pertama. Jadi lebih banyak harus dipulihkan dari pada yang di miliki semula sebelum kehilangan. Prinsip pemulihan dapat di lihat dalam hukum "Pemulihan"

a. Keluaran

1.Lima ekor lembu dikembalikan untuk menggantikan satu ekor yang hilang (22:1)

2.Empat ekor domba dikembalikan untuk menggantikan seekor domba (22:1)

3.Dua kali lipat jumlah dikembalikan bagi binatang yang diambil (22:4)

4.Hasil yang terbaik diberikan sebagai pemulihan (22:5)

5.Dua kali lipat jumlah uang dikembalikan daripada yang dicuri. (22:7-9)

b. Imamat

Disini harus dikembalikan lebih seperlima untuk sesuatu yang hilang pada mulanya.(6:1-5)

c. Ulangan

Segala sesuatu yang terhilang harus dikembalikan secara penuh kepada yang bersangkutan. (22:1-3)

d. Amsal

Disini tujuh kali lipat pengembalian dituntut untuk sesuatu yang hilang. Kita melihat disini, Tuhan yang mematuhi prinsipnya sendiri harus memulihkan apa yang sudah hilang, dan pemulihan ini harus lebih besar daripada sebelum kehilangan.(6:3)

CONTOH PEMULIHAN DI PERJANJIAN LAMA SAMSON

Samson kehilangan kekuatannya. Namun rambutnya mulai tumbuh, dan kekuatannya dipulihkan. Hasil dari pemulihan kekuatannya ini ……… "yang mati dibunuhnya pada waktu matinya itu lebih banyak daripada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya.

AYUB

Ayub kehilangan sebagian besar dari harta dan keluarganya dalam suatu cobaan penderitaan yang berat. Tetapi Allah "……. Memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu."

PEMULIHAN BAIT SALOMO

Bait Salomo sudah dimusnahkan oleh orang-orang Babylonia. Menjelang masa pemulangan orang Israel, Raja Persia Koresy mengeluarkan perintah mengizinkan pembangunan kembali Bait Tuhan oleh Zerubabel.

Dalam perintahnya Koresy menuntut secara khusus bahwa dalam pembangunan Bait Tuhan ukurannya harus dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya. Tinggi dari bait Tuhan harus 60 hasta (Ezra 6:3), sedangkan pada Bait Salomo tingginya 30 hasta (I Raja-raja 6:2) Lebarnya haruslah 60 hasta sedangkan pada Bait Tuhan semula hanya 20 hasta.

Ruang maha suci dari Bait Tuhan yang dipulihkan sekarang lebih dari dua kali bait semula. Disini kita dapat melihat bahwa prinsip pemulihan dilaksanakan sedemikian rupa sehingga yang sudah terhilang, dipulihkan dengan ukuran yang jauh lebih besar daripada yang semula.

NABI-NABI

Pemulihan adalah tema dari nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. Para nabi memperingatkan bangsa Israel dan menjanjikan pemulihan secara jasmani dan juga menubuatkan suatu pemulihan secara rohani dimasa mendatang.

Nabi Yoel

Seluruh buku Yoel dikembangkan sekitar tema pemulihan. Buku ini menjelaskan kondisi yang merosot dari bangsa Israel yang mengalami kerugian karena hukuman Ilahi. Melalui pertobatan pemulihan datang pada umat Tuhan. Janji kepada umat Israel ini menjadi dasar dimana nubuatan mengenai pemulihan diwaktu akan datang dijanjikan.

Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap, dan belalang pengerip, Tentaraku yang besar yang kukirim keantara kamu."

Yoel menubuatkan suatu masa bertahun-tahun yang secara terus menerus dirusak dan tidak menghasilkan apa-apa namun Tuhan akan memulihkan semua tahun-tahun yang sudah tercuri itu.

Nabi Yehezkiel

Yehezkiel menggambarkan kemuliaan Tuhan yang hilang dan kemudian dipulihkan kedalam Rumah Tuhan (33-40). Dalam pasal 37 Yehezkiel mendapat penglihatan mengenai tulang-tulang yang kering di mana ada pemulihan kehidupan.

Nabi Yesaya

Yesaya bernubuat bahwa Tuhan akan memulihkan hal berikut:

1.Pemulihan penghiburan (Yes. 57:18)

2.Pemulihan perusakan/ketandusan/kesedihan. (Yes. 49:60)

3.Pemulihan jalan-jalan (Yes 58:12)

4.Pemulihan sampah-sampah lama (Yes. 64:4)

PEMULIHAN DI PERJANJIAN BARU

1. Pemulihan segala sesuatu.

Di sini kita melihat pentingnya pemulihan segala sesuatu. Yesus secara hurufiah ditahan atau disimpan disorga "…..sampai waktu pemulihan segala sesuatu seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabiNya yang kudus di zaman dahulu (SINCE THE WORLD BEGAN = SEJAK DUNIA DIJADIKAN)." KPR 3:20-21.

Kristus ditahan oleh Bapa untuk kembali lagi sampai segala sesuatu yang telah hilang dari SEJAK DUNIA DIJADIKAN yang sudah di ucapkan oleh para nabi dipulihkan. Jadi waktu pemulihan mendahului kedatangan kembali Kristus. Sebagian besar gereja, kelompok orang Kristen, kegerakan dan denominasi mengajarkan bahwa ini berbicara tentang Pemulihan Gereja Perjanjian Baru. Pada saat Petrus memproklamirkan nubuatan itu tidak ada Gereja Perjanjian Baru yang harus dipulihkan karena gereja baru saja lahir pada hari Pentakosta beberapa hari sebelumnya.  Sebagian berpendapat bahwa akan ada pemulihan umat manusia kembali kepada keberadaan Adam di taman Eden. Perhatikan juga bahwa nabi-nabi bernubuat tentang pemulihan yang besar ini sejak awal zaman atau waktu, berarti pemulihan ini jauh melampaui landasan kosmos dan melampaui lahirnya waktu. Oleh sebab itu, pemulihan harus kembali jauh melampaui taman Eden. Kembali jauh melampaui dari apa yang pernah kita pikirkan atau yang pernah kita renungkan yaitu segala sesuatu dipulihkan.

2. Pelayanan Elia memulihkan segala sesuatu.

Jawab Yesus, "Memang Elia akan datang lebih dahulu dan memulihkan segala sesuatu." Matius 17:11-12. Matius menubuatkan bahwa pelayanan Elia akan mendahului pemulihan dari segala sesuatu. Sesudah pelayanan Elia dalam mempersiapkan jalan sepenuhnya tercapai, maka segala sesuatu akan dipulihkan. Disini dinyatakan bahwa Yohanes Pembaptis adalah pelayanan Elia sebelum kedatangan Kristus pada zaman itu.

3.    Pemulihan hati Bapa

Dan Ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam Roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anakNya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak baginya. Lukas 1:17

Yohanes Pembaptis memanifestasikan roh Elia tetapi dia tidak memanifestasikan kuasa Elia. Gereja akhir zaman ini akan mempunyai karakter ganda, yaitu Roh Elia dan Kuasa Elia. Ini akan mengawali pemulihan terakhir dari segala sesuatu,semua orang atau semua manusia dan mencapai puncak dengan kedatangan,penampakan, manifestasi atau kehadiran Kristus. Supaya Tuhan menjadi Semua di dalam Semua.

God may be All in All. God become everything to everyone.

It's Wonderfull! Full of Wonder.  1 Korintus 15:28

 



Tentmaker Resources Bookstore Is back online.

For Information About Tentmaker Ministries Please Click Here

What is Christian Universalism?



Home| Audio Messages | Bible Matters | Blog | Books & Booklet | Dew Magazine| E-Sword Modules | FAQ |Graphics and Cartoons
Holy Spirit | Inspirationals | Lists
MailableOrder Form | Message Board | NewBooks & Articles | Privacy Policy
Reviews:Books, Bibles, Software |
QuickFind | Scholar'sCorner | Subscribe to Newsletters
Termsof Use
| Testimonials | TopicalIndex | Tracts | SupportTentmaker | Online Video | WisdomQuotes

Other Tentmaker Sites: What the Hell Is Hell?  and LoveWins

Contact us!

Tentmaker
118 Walnut
Hermann,MO 65041

http://www.tentmaker.org

© 2013 Tentmaker Ministries . All rights reserved.